Cara Menggunakan VPN di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara menggunakan vpn di xiaomi tanpa aplikasi. Banyak yang tidak tahu jika hp android yang kalian punya termasuk salah satunya xiaomi, memiliki settingan vpn tersendiri tanpa harus menggunakan aplikasi.

Baru tahu ya? Tidak apa, santai saja. Sejauh ini, memang kebanyaka orang-orang menggunakan vpn, hanya dengan download aplikasi pihak ketiga yang di download dari playstore. Kelemahan menggunakan vpn dengan aplikasi adalah, lumayan memakan memori internal yang ada di hp anda.

Cara Menggunakan Vpn Di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Nah, oleh karena itu, saya akan berikan trik yang bisa anda pakai jika ingin menggunakan vpn tanpa aplikasi. Tidak ada salahnya dicoba bukan? Lumayan kan, anda tidak perlu download aplikasi lagi yang akan memperberat operasi hp anda.

Tapi, sebelum kita lanjut ke pembahasan inti. Yuk kita cari tahu dulu, sebenarnya vpn itu apa sih? Dan apa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan vpn? Apakah berbahaya menggunakannya?

Apa itu VPN?

Kita bahas kepanjangan dari VPN dulu ya. VPN jelas berbeda dengan yang namanya APN. Mengenai APN, juga sudah saya pernah saya jelaskan di artikel disini.

VPN merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network (Jaringan Privat Virtual). Nah, dari kepanjangannya saja, kira-kira kita sudah bisa simpulkan ya, apa yang dimaksud dengan VPN.

Sejatinya, VPN ini adalah suatu cara yang dipakai untuk memberikan sebuah layanan yang aman dan terjaganya suatu privasi user dalam menggunakan internet. Jadi, secara umum, VPN akan bekerja sebagai jembatan penghubung, antara user dan website yang anda tuju.

Layanan berupa VPN, biasanya sih juga digunakan oleh suatu perusahaan untuk menjaga data-data penting yang amat terjaga rahasianya.

Dengan menggunakan VPN, anda masuk ke suatu website tujuan bukan menggunakan IP Address asli, melainkan akan diganti dengan dengan IP Address lain. Biasanya sih, pengguna internet yang ada di Indonesia, seringkali menggunakan IP Address yang berasal dari Negara Singapura, dikarenakan jaringannya lebih cepat.

IP Address  yang bukan asli tersebut akan memanipulasi data yang dikirim ke website tujuan. Dimana, akan membuat anda akan terlihat berasal dari VPN Server dengan IP Address yang dipakai tersebut.

Apa Manfaat Menggunakan VPN?

Banyak sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan VPN. Manfaat yang paling terkenal, tentunya anda bisa menembus website yang sudah di blok oleh internet positif. Sehingga, yang semula tidak bisa masuk, anda bisa masuk dan melihat website tersebut tanpa ada gangguan.

Selain itu apa lagi?

  1. Mempercepat kecepatan internet anda.

Dengan menggunakan VPN, anda bisa masuk ke melewati celah-celah bandwidth yang semula sudah dibatasi oleh ISP anda. Karena, ya itu tadi, VPN akan membuat ISP tidak bisa menyadari dan melihat data aktifitas online yang sedang dilakukan.

  1. Membantu menyamarkan identitas anda yang sebenarnya

Nah, kenapa anda bisa menembus internet positif, karena VPN akan menyembunyikan identitas anda, dan diganti dengan identitas yang disediakan oleh server VPN.

Bahaya Menggunakan VPN?

Banyak juga nih yang mengajukan pertanyaan, tentang apakah berbahaya menggunakan VPN? Mengenai hal ini, harus dipahami dengan benar ya.

Layanan VPN di atas, yang sudah saya sebutkan dan jelaskan manfaatnya. Hanya akan maksimal, jika anda menggunakan VPN yang berkualitas.

VPN yang berkualitas, pasti tidak gratis (premium), dan harganya pun pasti melambung tinggi. Bagi kantong receh seperti kita, akan keberatan dengan harganya.

Oleh karena itu, banyak dari kita yang menggunakan layanan VPN gratisan, salah satunya aplikasi free yang disediakan di playstore. Bahayanya, VPN abal-abal justru bisa menyimpan aktifitas data log anda di internet.

Server VPN abal-abal, bisa saja mengetahui data password akun-akun penting dengan mudah saat anda  menjelajahi internet dengan menggunakan vpn.

Selain itu, apakah ada bahaya lain? Nah, di bawah ini bahaya yang sering orang lain dapatkan ketika menggunakan vpn.

1. Data Pribadi Yang Dicuri

Dengan menggunakan vpn yang tidak kredibel, biasanya vpn gratisan. Semua aktifitas yang kamu lakukan, termasuk login ke akun-akun penting, akan terekam dengan baik.

Nah, server vpn tersebut, bisa saja memanfaatkan data-data tersebut untuk kepentingan jahat yang bisa merugikan anda. Data anda bisa dijual, dibobol, dan masih banyak lagi

2. Terkena Malware

VPN palsu atau tidak berkualitas, bisa saja dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan malware kepada para penggunanya.

Beberapa kasus, vpn palsu tersebut dibuat sambil memasukan malware ke dalamnya. Alhasil, ketika kita download vpn tersebut, secara otomatis, anda akan terkena malware tersebut. Nama malware tersebut Trojan win32.

Malware win32 tersebut, akan menyerang aplikasi-aplikasi penting yang anda punya, menyadap traffic, mencatat keylogging anda, dan mencuri data-data penting di sistem bank yang anda miliki.

Maka, jangan heran, jika di beberapa kasus, ada user vpn dan nasabah yang kehilangan saldo uangnya di bank tertentu.

Oleh karena itu saran saya,

“Jangan log in dan menggunakan akun penting, seperti email, mobile banking, akun paypal dll, saat menggunakan vpn. Kalau bisa, saat menggunakan vpn, yang tersinkronkan di laptop/hp anda bukanlah akun google (gmail) yang penting, melainkan akun cadangan/palsu saja.”

Cara Menggunakan VPN di Xiaomi

Sudah jelas ya, penjelasan ringan di atas. Sekarang, saya akan berikan penjelasan cara menggunakan vpn di xioami tanpa aplikasi pihak ketiga.

Oh iya, cara ini tidak hanya work di hp xiaomi ya. Bisa dilakukan di semua android tanpa terkecuali. Tapi, khusus untuk cara di bawah, saya akan berikan tampilan caranya di hp xiaomi terlebih dahulu ya.

Jadi, anda tidak perlu repot-repot untuk mendownload terlebih dahulu. Cukup dengan otak-atik pengaturan yang sejak awal sudah disediakan oleh hp xiaomi saja.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  1. Buka handphone anda. Silahkan cari menu setelah/pengaturan. Kemudian pilih menu tersebut.
  2. Setelah itu, geser ke agak ke bawah, pergi ke menu lainnya, kemudian klik menu tersebut.
  3. Anda akan diberikan beberapa opsi menu lagi. Tanpa pikir panjang, pilih saja menu VPN.
  4. Di bagian bawah, anda akan melihat opsi tambah vpn. Pilih opsi tersebut ya, untuk menambah settingan VPN baru.
  5. Selanjutnya silahkan isi beberapa kotak pilihan. Isi nama, silahkan isi dengan nama apa saja, misal VPN BARU. Pada kolom jenis, biarkan saja sesuai dengan pengaturan asalnya, PPTP. Lalu, di mana saya akan mendapatkan data untuk mengisi bagian alamat server? Tenang, jangan panik, simak langkah berikutnya. cara menggunakan vpn di xiaomi tanpa aplikasi
  6. Pergi ke situs vpnbook, yang tampilannya sudah saya sediakan melalui gambar di bawah. Pergi ke opsi PPTP. Di sana anda akan menemukan banyak server yang bisa anda pakai. Coba saja satu persatu ya, jika sudah dipakai dan belum work, anda bisa coba pakai alamat server lainnya ya.
  7. Misal di kasus ini saya akan coba pakai server US VPN Server (us2). Copy (salin), alamat server tersebut dan tempel di kolom yang ada di hp anda.
  8. Setelah itu, jangan lupa untuk masukan username dan password yang sudah disediakan di bagian bawah. Username dan password yang tersedia di situs tersebut tidak bisa di copy ya, jadi anda ketik secara manual saja di kolom hp anda.cara menggunakan vpn di xiaomi tanpa aplikasi
  9. Biasanya, username dan password ini seringkali berganti-ganti ya. Jika ketika pakai, anda belum bisa tersambung ke server yang disediakan. Maka coba buka lagi situs tersebut, cocokan lagi username dan passwordnya.

Demikian tutorial yang bisa saya berikan untuk anda, mengenai cara menggunakan vpn di hp xiaomi tanpa aplikasi ya. Semoga bermanfaat dan berhasil di gadget yang anda pakai. Selamat mencoba

Leave a Comment

error: Content is protected !!