Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet

Cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota internet – Masih tingginya pandemi covid-19 di Indonesia, membuat para pelajar harus tetap terus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

Pemerintah juga berinisiatif untuk memberikan bantuan kepada para pelajar agar sedikit meringankan beban kantong mereka untuk membeli paket. Karena, kita semua tahu bukan? Bahwa pemakaian aplikasi zoom, google meeting, quipper school, google classroom menghabiskan banyak sekali paket kuota.

Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet

Salah satu yang diberikan oleh pemerintah melalui semua operator di Indonesia adalah kuota kemendikbud. Kuota ini biasanya, akan diberikan melalui nomor yang sudah didaftarkan oleh teman-teman ke sekolahnya masing-masing.

Semua operator ya. Telkomsel, indosat, axis, xl, smartfren bahkan juga kartu tri. Sementara, kuota yang diberikan juga sangat banyak, yaitu sebesar 50 Gb.

Eits, tapi tunggu dulu. Besaran kuota tersebut, ternyata hanya bisa dipakai pada aplikasi tertentu yang menunjang kegiatan belajar anda di sekolah maupun universitas. Sedangkan, yang bisa anda pakai untuk berselancar di semua browser hanyalah 5 Gb saja.

Kalau 5 Gb, pergibaca yakin, hanya dalam hitungan beberapa hari saja pasti sudah habis. Karena dipakai untuk menonton vlog youtube, instagram, bermain aplikasi tiktok, twitter, facebook dan masih banyak lagi.

Tapi, tenang. Pergibaca punya solusinya. Kita ternyata bisa mengubah paket kemendikbud tersebut menjadi paket reguler, yang bisa dipakai untuk kuota utama. Jadi tidak pada aplikasi tertentu saja.

Baca Juga: Cara Mengubah Kuota Whatsapp Telkomsel Menjadi Reguler

Download Film/Movie Dengan Kuota Belajar

Sebelum kita bahas mengenai cara-cara yang mimi janjikan di atas. Ada satu lagi cara yang bisa kalian coba nih. Yaitu, download film dengan menggunakan kuota belajar. Bisakah? Bisa dong!

Kalau kalian penasaran bagaimana caranya. Kalian bisa baca artikel yang baru mimin buat ya. Di sana, dijelaskan dengan detail bagaimana cara kita, agar bisa mengunduh film/movie dengan kuota belajar (kuota kemendikbud) yang kita miliki.

Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud

Bagaimana sih caranya cek kalau kita sudah dapat kuota kemendikbud tersebut? Caranya beragam. Tentunya, berbeda operator, juga berbeda cara mengetahuinya.

Pada kartu Tri, anda bisa cek dengan kode dial *123*10*3# atau dengan aplikasi resmi Tri, yaitu Bima+. Kalau yang kartu lainnya bagaimana?

  1. Kartu Indosat > Aplikasi MyIm3 atau dengan kode dial *123*075# lalu klik nomor satu.
  2. Kartu XL > Ketik kode dial *123# > pilih info > info kartu XL-ku > info cek kuota > paket terus belajar
  3. Kartu Telkomsel > ketik kode dial *888# atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pada kartu telkomsel, mengetahui ada atau tidaknya kuota kemendikbud di kartu kalian. Bisa menggunakan cara via sms.

Anda bisa ketik UL info kirim ke 3636. Setelah itu, anda akan mendapatkan balasan mengenai kuota yang anda miliki.

Selain dengan cara di atas. Nomor yang sudah didaftarkan, pasti mendapatkan sms pemberitahuan jika kuota kemendikbud sudah anda terima.

Baca Juga: Cara Hack Kuota Malam Smartfren

Cara Mengubah Kuota Utama Kemendikbud

Cara ini bisa anda coba pada semua operator yang kalian pakai. Tapi, khusus pada cara ini, kebetulan pergibaca memakai kartu telkomsel, dan work 100%.

Bagaimana sih cara merubah kuota belajar menjadi kuota utama?

Nah, pertanyaan tersebut, banyak sekali dilontarkan oleh teman-teman semua. Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan.

Pastinya, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ya. Sejauh ini aplikasi yang paling banyak dipakai oleh untuk menjalankan cara seperti ini adalah Psiphon Pro, AnonyTun, HTTP Custom, dan juga TLS Tunneel.

Untuk topik cara mengubah paket edukasi indosat menjadi paket internet, dan cara mengubah kuota ilmupedia telkomsel menjadi kuota utama sudah pernah pergibaca tulis di artikel lainnya ya. Silahkan anda baca dan mencoba masing-masing caranya.

Pada artikel kali ini, aplikasi yang kita pakai ialah TLS Tunnel. Kenapa menggunakan TLS Tunnel? Karena aplikasi ini salah satu yang paling mudah menurut mimin. Yuk simal penjelasan di bawah ini.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama (Cara 1)

Oke, langsung saja kita menuju penjelasan langkah-langkah cara mengubahnya ya. Perhatikan langkah yang mimin jelaskan di bawah. Jangan sampai ada langkah yang terlewat ya.

  1. Silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi TLS Tunnel. Anda bisa download di playstore anda masing-masing atau di appstore jika hp anda iphone.
  2. Kalau sebelumnya, anda sudah punya aplikasi ini. Anda bisa meng-update aplikasinya menjadi versi terbaru
  3. Jika sudah diinstal > buka aplikasi TLS Tunnel tersebut
  4. Pada bagian beranda aplikasi, silahkan klik Home
  5. Selanjutnya, pada opsi Connection Method silahkan ubah menjadi Custom SNI
  6. Kemudian, di opsi SNI Host > ubah menjadi classroom.google.com. Seperti gambar di bawah. Kalau tidak bisa, anda dapat gunakan v.whatsapp.com. Atau jika masih tidak bisa, anda bisa gunakan ini:  www.whatsapp.com atau g.whatsapp.com. Coba saja satu persatu.
  7. selanjutnya, opsi Port > ubah menjadi T.443
  8. Pada bagian Server > pilih negara yang terdapat tanda hijau di bagian kanan layar dan jumlah user online yang paling sedikit. Supaya apa? Agar koneksi anda lebih cepat.
  9. Masuk ke menu settings > hilangkan centang pada opsi forward DNS. Ini dilakukan agar tetap kuota kemendikbud yang dipakai bukan kuota utama.
  10. Klik Start > sampai ada tulisan connected jika dilihat di bagian LOGS

cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota internet

Jika masih belum menyambung setelah menunggu lama atau tersambung tapi koneksi lambat bagaimana? Gampang saja teman. Anda hanya tinggal mengganti servernya ke negara lain saja. Coba terus sampai koneksi anda tersambung.

Catatan Penting: Meski dengan menghilangkan opsi forward dns, bertujuan agar kuota utama (reguler) tidak tersedot. Tapi, untuk berjaga-jaga, pakai saja cara ini apabila kuota utama anda sudah habis saja ya.

Karena, ada beberapa kasus yang dialami para pengguna, yang jika menggunakan TLS Tunnel bersamaan kuota utama yang masih ada. Kuota utama mereka juga ikut tersedot.

Update Menggunakan Config TLS Tunnel

Nah, masih menggunakan aplikasi TLS Tunnel ya. Jika cara di atas tidak bisa digunakan, masih ada cara lain yang bisa kita buat agar tetap bisa mengubah kuota kemendkibud menjadi kuota utama.

Yaitu, dengan menggunakan config. Kelemahannya, config ini hanya akan bertahan beberapa hari saja. Jadi, anda harus terus update informasi mengenai config tersebut. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti langkah di bawah ini ya.

  • Masuk ke beranda aplikasi TLS Tunnel
  • Pada bagian server, silahkan cari saja server yang berwarna hijau dan mempunyai jumlah user online paling sedikit. Misal, server HK1.
  • Jangan lupa untuk mengubah port, menjadi T443.
  • Klik pada bagian titik tiga yang terletak di pojok kanan atas.
  • Setelah itu pilih opsi import Config. Pilih file config yang saya sediakan di sini.
  • Setelah itu pada bagian beranda > klik start untuk memulai menyambungkan.
  • Semoga berhasil

Saran saya, segera coba config ini, karena beberapa hari kedepan, kemungkinan akan tidak bisa dipakai lagi. Sayang sekali bukan? Jadi, jangan ketinggalan informasi terupdate ya.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet (Cara 2)

Masih belum selesai loh teman. Meski cara di atas mimin jamin work. Saya masih punya cadangan cara lain yang juga work 100% di hp teman sekalian.

Penasaran? Yuk simak dengan baik penjelasan di bawah ini. Mimin berharap, teman-teman online sekalian memiliki banyak pilihan yang bisa anda gunakan dalam mengubah kuota belajar menjadi kuota utama.

Catatan Penting: Cara ini bisa dilakukan di semua kartu tanpa terkecuali. Jadi, anda bisa coba di kartu anda yang sudah terdapat kuota Kemendikbud ya.

Cek terlebih dulu di handphone teman-teman. Biasanya, kuota kemendikbud, bisa dipakai untuk whatsapp. Nah, jika bisa, maka anda bisa melakukan cara ini.

Cara ini menggunakan aplikasi yang berbeda. Jadi, kita tidak menggunakan TLS Tunnel ya. Tetapi menggunakan aplikasi yang bernama AnonyTun.

Sama dengan TLS Tunnel. AnonyTun bisa anda dapatkan dengan mudah dan gratis di playstore juga. Jadi anda tidak perlu ribet mencari link download lagi.

Oke langsung saja ke penjelasan langkah-langkahnya ya. Berikut langkah yang bisa anda ikuti.

  • Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi AnonyTun di hp anda masing-masing
  • Jika sudah didownload. Buka aplikasi AnonyTun tersebut

Opsi server (negara) bisa anda pilih > Best Performance, United States, atau Singapura. Silahkan pilih salah satunya. Sejauh ini, pilihan server best performance yang paling cepat.

  • Pada halaman beranda awal aplikasi. Klik opsi STEALTH SETTING yang berada di bagian pojok atas sebelah kanan.
  • Aktifkan opsi Stealth Tunnel > ON (geser toogle ke bagian kanan)
  • Pada bagian Connection Protocol > Ubah menjadi SSL
  • Connection Port >  Ubah saja menjadi angka 443
  • Aktifkan opsi Advanced SSL Settings > ON (geser ke kanan)
  • Klik opsi Edit SSL Settings > Centang bagian True SSL (Anti DPI) dan Spoof Host: Port
  • Bagian kotak Spoof Host > Silahkan isi dengan www.whatsapp.com> tanpa tanda petik ya teman
  • Selenjutnya, bagian Spoof Port > Silahkan isi dengan angka 443
  • Kemabli ke beranda awal aplikasi > lalu klik CONNECT
  • Tunggu beberapa saat sampai tulisan CONNECT yang anda klik tadi, berubah menjadi DISCONNECT.
  • Jika sudah, maka aplikasi sudah bekerja.

Jika setelah work dan dipakai beberapa saat, tiba-tiba koneksi terputus, maka saran saya, silahkan coba lagi klik CONNECT, sampai bisa tersambung lagi.

Misal, dengan host > www.whatsapp.com tetap tidak tersambung. Anda bisa gunakan beberapa pilihan bug situs di bawah ini. Silahkan coba satu-persatu ya. Semoga berhasil.

  • web.whatsapp.com
  • faq.whatsapp.com
  • www.duolingo.com
  • v.whatsapp.com
  • www.kelaspintar.id
  • zoom.us
  • bimbel.ruangguru.com
  • belajar.kemdikbud.go.id
  • www.kipinschool.id/web
  • www.ayoblajar.com
  • uji.ruangguru.com
  • education.microsoft.com

Sekali lagi, saran mimin. Silahkan coba saja cara-cara yang dijelaskan ini, apabila kuota utama anda sudah habis ya. Karena masih ada beberapa orang mengalami kejadian kuota utamanya juga ikut tersedot saat menggunakan aplikasi ini.

Biasanya ketika aplikasi tiba-tiba terputus karena masalah koneksi dan jaringan yang dipakai banyak orang. Akhirnya, kita tidak sadar jika pemakaian internet yang kita lakukan menggunakan paket utama kita. Jadi, cermati baik-baik.

Cara Mengubah Kuota Belajar menjadi Kuota Utama Smartfren (Update)

Bagi pengguna smartfren. Kalian bisa coba menggunakan cara mimin berikan di bawah ini. Masih, dengan aplikasi yang sama ya, yaitu anonytun. Tetapi, ada langkah-langkah yang sedikit berbeda dari cara yang mimin jelaskan di bagian atas.

Bagaimana caranya? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya.

  1. Silahkan buka aplikasi AnonyTun anda
  2. Seperti biasa, langsung saja pilih opsi menu STEALTH SETTING yang ada di pojok kanan atas layar
  3. Aktifkan (ON) opsi Stealth Settings
  4. Pada bagian connection protocol > silahkan pilih TCP
  5. Connection port > silahkan ketik 2020
  6. Asktifkan opsi connect via parent proxy > klik edit parent proxy
  7. Pada bagian proxy host/ip > silahka ditulis dengan angka 13.02458.2020
  8. Pada kotak proxy host > silahkan saja tulis angka > 2020 > setelah itu klik save
  9. Aktifkan (ON) opsi Custom TCP/HTTP Headers > klik bagian kotak edit custom TCP/HTTP Header
  10. Bagian url host > ilahkan tulis > m.facebook.com
  11. Pada bagian request method > pilih opsi > connect
  12. Di bagian opsi injection method > pilih > normal
  13. Di bagian query method > centang bagian front query
  14. Di bagian extra headers > centang > online host > lalu klik generate > save
  15. Di bagian paling bawah, yaitu Advanced SSL Settings > aktifkan (ON) > klik bagian kotak bertuliskan Edit SSL Settings
  16. Centang bagian opsi true SSL (Anti DPI)  dan Spoof Host:Port
  17. Bagian kotak spoof host > isi dengan > 13.0213.2020
  18. Spoof posrt> diisi dengan angka > 2020 > lalu klik save

Lanjutan Bersambung di bawah

Masih belum selesai sampai langkah di atas ya. Masih ada beberapa langkah yang harus ada lakukan lagi. Memang, cara seperti ini dibutuhkan kesabaran bagi pemakainya. Yuk simak lagi lanjutan langkahnya

  • Kembali ke beranda > klik titik tiga yang berlokasi tepat disebelah opsi STEALTH SETTINGS > pilih opsi VPN Settings
  • Aktifkan opsi connection packets on/off
  • MTU Size > ganti dengan angka > 2020
  • Aktifkan (ON) opsi DNS Forwarding dan google DNS > Tekan Save
  • Silahkan kembali ke Beranda
  • Klik connect > tunggu sampai berubah menjadi tulisan disconnect > berarti aplikasi sudah tersambung
  • Selesai

Cara pada kartu Smartfren ini memang sedikit agak panjang dari cara sebelumnya. Tetapi patut dicoba di hp anda untuk dapat ubah kuota belajar menjadi kuota utama smartfren.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai cara mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi kuota internet. Saya harap cara ini dapat memberikan manfaat untuk anda yang ingin menghemat kuota. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

41 thoughts on “Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet”

    • Sip, semoga bermanfaat ya. Cara ke 1, sampai sekarang juga masih work kok kak. Asal ikutin saja langkah di atas sampai selesai.

      Reply
        • Sepengalaman saya bisa terjadi kak. Bahkan, walau menggunakan paket biasa di kartu yang ada pulsanya, juga seringkali pulsa mimin habis sendiri, padahal enggak digunain apa-apa huhu. Jadi, sebisa mungkin, kosongin pulsanya ya. Kalau pas bener2 perlu aja baru beli pulsa, dan kalau beli pulsa, jangan lupa data selulernya off kan dulu yap.

          Reply
      • Hi Saya kok gak bisa ya kak gimana tuh quota Saya sudah abis tinggal paket belajar aja trus mau Saya rubah jadi quota utama tapi kenapa gak bisa ya kak😭 cara 1 Dan 2 gabisa Dua duanya😭

        Reply
  1. Aku mau tanya
    Jika kita mengubah paket blajar
    Jadi paket utama
    Apakah hanya sekali kita bisa pakai

    Dan
    Apakah ada cara Laen
    Agar paket belajar 30 GB
    Jika di ubah ke paket internet tetap 30 GB juga…..

    Tolong di jawab

    Reply
  2. malem, ka, maaf ini caranya masi work ga si kalo dihotspot ke laptop? aku coba kok gabisa dihotspot padahal buat zoom jugaa:(((((

    Reply
    • Kalau dihotspot ke laptop belum pernah coba sih. Kayaknya enggak bisa deh. Soalnya kadang-kadang bisa disconnect di waktu tertentu kalau di mobile, kecepatan juga enggak menentu di waktu tertentu, dan lokasi tertentu. Untuk keperluan zoom, pakai kuota kemendikbud biasa aja bisa kok.

      Reply
  3. Apakah penngguna Tri bisa work juga untuk cara yang kedua? untuk sekarang ini saya coba dan kuota regular nya duluan yang dipakai, semoga bisa work sih sampai kuota regular udah habis.

    Reply
  4. Kak saya mau tanya nih, kan kuota kemendikbud selalu ngasih kuota belajar banyak dan kuota utama yang sedikit setiap bulan, kalau misalnya saya pakai salah satu dari kedua cara di atas ketika kuota utama saya sudah habis untuk bulan itu, apa kuota utama dan kuota belajar di bulan kemudian masih bisa masuk atau sudah terjadi kerusakan?

    Reply
    • Yups betul sekali. Bisa dipakai di semua aplikasi kok. Tapi, karena yang pakai banyak biasanya agak lemot dikit (tergantung jam). Lumayanlah sekelas gratisan ya. Hehe

      Reply
  5. Misi kak mau tanya itu butuh waktu brp lama ya utk berhasil mindahin kuotanya, dan bagaimana klo menggunakan wifi saat mencoba apakah bisa? A

    Reply
    • Tergantung jaringan, dan lokasi tempat kak (TKP), dan waktu connecting. Ada yang harus coba berulangkali, sambil diganti2 servernya. Ada yang sebentar langsung konek. Tanpa bantuan wifi bisa kok. Setelah kuota utama habis dulu ya.

      Reply
      • Saya coba cara yang pertama saya ga tau itu bisa nyambung atau tidak karena di TLS Tunnel sudah connected tapi saya cek kuotanya belum berubah menjadi kuota utama. Kebetulan saya mengisi kuota edukasi ke kuota utama itu kuota utama saya masih ada 🙂
        Tolong penjelasannya 🙂
        Makasih 🙂

        Reply

Leave a Comment

error: Content is protected !!